Wisata Dieng

Penginapan Wisata Dieng, Paket Tour dan Atraksi unggulan Dieng
Hubungi kami :No. Telp : 081391620234 | Wa: 081391620234

obyek wisata dieng

Baca Daftar Ulasan Lengkap obyek Wisata  Dieng dan Sekitarnya baik yang masuk wilayah Wonosobo maupun Banjarnegara Seperti Puncak Sikunir, Gunung Prau, Telaga Warna Dieng dan tempat seru lainnya,baik Wisata Dieng Zona 1 Maupun Wisata Zona 2

Tipe Wisata di Dieng didominasi oleh wisata alam pegunungan, Telaga, Kawah, serta Situs Purbakala seperti Komplek Candi dan Museum. Selain itu di Dieng juga ada tempat Wisata buatan atau hasil pengembangan seperti Dieng Plateau Theater, Jembatan Merah Putih, Pemandian air panas Dqiano dan lain sebagainya.

 

Berikut beberapa daftar Tempat Wisata di Dieng yang sebaiknya anda kunjungi :

Jembatan Merah Putih Dieng

Milkyway Dieng via Jembatan Merah Putih by Uray Black Ink

Jembatan Merah Putih Dieng merupakan obyek wisata yang sedang hits sekarang ini di Dieng. Obyek wisata buatan yang dibuka tanggal 4 Mei 2016 ini menjadi destinasi wisata baru di kawasan wisata Dataran Tinggi Dieng atau Dieng Plateau. Jembatan yang membentang dari tebing ke tebing di antara dua bukit ini menghadirkan pemandangan Telaga Warna dan Telaga Pengilon yang mempesona. Agar tidak penasaran, segera kunjungi Jembatan Merah Putih untuk merasakan sensasi buaian dan hembusan angin pegunungan di jembatan gantung yang berada 50 meter di atas Batu Ratapan Angin ini.

Bukit Scooter (Skoter) Dieng

Bukit Skoter Dieng

Sekarang ada destinasi wisata baru di Dieng yang berpotensi menjadi wisata unggulan Dieng, yaitu Bukit Scooter (Skoter) Dieng. Meskipun baru saja dibuka awal tahun 2016, obyek wisata ini telah mampu menarik banyak wisatawan. Keindahan panorama atau lanskap pemandangan Dataran Tinggi Dieng dari atas Bukit Scooter menjadi daya tariknya. Mulai dari sunrise dan sunsetnya yang indah hingga taburan bintang di langit malam Dieng bisa Anda saksikan di puncak Bukit Scooter yang juga dijuluki “Bukit Bintang ini. Jadi, tidak mustahil obyek wisata baru ini akan menjadi wisata unggulan Dieng selanjutnya.

Kawah Sikidang Dieng

Kawah Sikidang dieng oleh Ulfa Mb

Kawah Sikidang Dieng merupakan kawah vulkanik di Dataran Tinggi Dieng yang sangat terkenal dengan fenomena uniknya. Pada waktu tertentu kolam kawah bisa melompat atau berpindah seperti karakter bianatang Kidang (Kijang dalam bahasa Jawa kuno. Untuk itulah kawah yang terbentuk akibat letusan gunung berapi ini dinamakan Kawah Sikidang. Letak Kawah Sikidang yang berada di tanah yang datar memungkinkan wisatawan menyaksikan aktivitas vulkanis dari kolam kawah. Letupan-letupan lumpur panas disertai gas yang mengepulkan asap putih pekat sangat menarik untuk disaksikan dan diabadikan.

Wana Wisata Petak 9 Bukit Sidengkeng Dieng

Gunung Sindoro dari Wana Wisata petak 9 oleh @festivaldieng

Bukit Sidengkeng Dieng memiliki obyek wisata yang diberi nama Wana Wisata Petak 9. Wana Wisata Petak 9 Bukit Sidengkeng Dieng cukup dimanati pengunjung dan penyuka fotografi untuk dijadikan lokasi pengambilan foto dengan spot Dataran Tinggi Dieng yang menarik. Wana Wisata Petak 9 Bukit Sidengkeng ini menyuguhkan pemandangan Telaga Warna dan Telaga Pengilon dari ketinggian dengan background perbukitan dan pegunungan yang berselimut kabut. Anda juga bisa camping di bukit yang asri dan penuh tanaman cantik di sini.

Telaga Dringo

Telaga Dringo Dieng Via Nuraga Dhia

Telaga Dringo merupakan telaga tertinggi di Dataran Tinggi Dieng dengan pemandangan yang memukau. Telaga indah yang terletak di Desa Pekasiran Banjarnegara ini sangat menarik untuk dikunjungi. Letaknya cukup dekat dari objek wisata Dieng Kawah Candradimuka dan Sumur Jalatunda. Tempatnya yang masih asri dan belum terlalu ramai membuat pengunjung bisa bersantai dengan leluasa tanpa gangguan. Untuk mencapai Telaga Dringo pengunjung dapat treking kira-kira 20 menit di jalan tanah an berbatu yang menajak. Cukup menantang dan menarik bukan?

Candi Dieng

komplek  candi arjuna via arum lutfi

Candi Dieng merupakan kumpulan candi-candi peninggalan Hindu yang berada di kawasan Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Di Dieng, keberadaan candi-candi antik ini sudah menjadi ciri khas Desa Dieng. Candi Dieng dibagi menjadi tiga kelompok dan satu candi yang berdiri sendiri. Candi-candi tersebut adalah kelompok Candi Arjuna, Kelompok Candi Gatutkaca, Kelompok Candi Dwarawati, dan satu candi yang berdiri sendiri, yaitu Candi Bima. Kesemua kelompok Candi Dieng itu memiliki keunikan masing-masing. Jadi, saat ke Dieng sempatkanlah mengunjungi candi sebagai bukti sejarah Hindu di Jawa Tengah.

Telaga Menjer

The man Who cant Be Move at Telaga Menjer  foto oleh hindbramantia

Selain Telaga Warna, di Dieng juga ada telaga yang tidak kalah cantiknya, yaitu Telaga Menjer. Telaga Menjer merupakan telaga yang terbentuk dari letusan di kaki Gunung Pakuwaja. Telaga Menjer terletak di desa Maron, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Lebih tepatnya berjarak 12 km dari Wonosobo. Air Telaga Menjer yang tenang, suasana pedesaan yang ramah, dan pemandangan bukit-bukit hijau yang mengelilinginya sangat mempesona. Anda bisa menyusuri pesonanya dengan menggunakan perahu kecil yang disewakan penduduk setempat.

Telaga Warna Dieng

Telaga Warna Dieng via @bellaocts

Telaga Warna Dieng (2000 mdpl) merupakan salah satu objek wisata andalan di Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Wonosobo. Objek wisata Telaga Warna Dieng terkenal karena adanya fenomena alam yang unik, yaitu warna telaga yang terlihat berubah-ubah setiap waktu. Fenomena unik ini terjadi karena air telaga yang mengadung sulfur cukup tinggi, saat terkena sinar matahari air telaga akan terlihat berubah-ubah warna. Kadang putih, biru, hijau, atau kuning keemasan. Selain itu, letak Telaga Warna yang dikelilingi bukit-bukit tinggi yang ditumbuhi pepohonan rindang yang mempesona menyempunakan fenomena unik itu.

Bukit Sikunir Dieng

Di puncak Bukit Sikunir oleh Indah Pane

Bukit Sikunir (2263 mdpl) merupakan salah satu obyek wisata di Dieng yang selalu ramai dikunjungi wisatawan untuk menyaksikan sunrise terbaik di Jawa Tengah yang biasa disebut Golden Sunrise. Bukit Sikunir Dieng terletak di sebelah timur Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo. Konon katanya Desa Sembungan merupakan desa tertinggi di Pulau Jawa. Dari Desa Sembungan inilah star awal pendakian menuju puncak Bukit Sikunir untuk menyaksikan Golden Sunrise Bukit Sikunir. Jadi, jangan lewatkan untuk menyaksikan keindahan Golden Sunrise Bukit Sikunir saat berkunjung ke Dieng.

Gunung Prau

Gunung Prau Dieng

Gunung Prau (2.565 mdpl) adalah salah satu tempat menarik di Dieng yang paling banyak dikunjungi tiap bulannya. Pengunjung dibuat puas oleh pemandangan unik dan eksotis Bukit Teletubbies dan lautan bunga Daisynya. Gunung yang merupakan gunung tertinggi di kawasan Dataran Tinggi Dieng ini terletak di empat wilayah administrasi, yaitu Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Batang, dan Kabupaten Kendal. Gunung Prau bisa ditempuh lewat beberapa jalur pendakian. Jalur pendakian yang paling banyak dipilih adalah jalur pendakian via Patak Banteng atau Jalur Dieng.

Batu Ratapan Angin

Batu Ratapan Angin via melisarahmaw

Obyek wisata Batu Ratapan Angin saat ini telah menjadi destinasi wisata Dieng yang banyak peminatnya. Batu Ratapan Angin merupakan tumpukan dua buah batu besar yang bertumpuk dan berada di atas bukit di sisi sebelah kiri Telaga Warna dan Telaga Pengilon. Batu Ratapan angin adalah lokasi strategis untuk menikmati keindahan Telaga Warna yang berdampingan dengan Telaga Pengilon dengan latar belakang pegunungan yang mengelilinginya. Spot luar biasa seperti inilah yang dicari-cari pencinta fotografi dan penikmat alam di Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Wonosobo.