Wisata Dieng

Penginapan Wisata Dieng, Paket Tour dan Atraksi unggulan Dieng

Bukit Scooter (Skoter) Dieng

Bukit Skoter Dieng

Bukit Scooter Dieng adalah obyek wisata Dieng yang baru-baru ini dibuka, yaitu awal tahun 2016. Meskipun baru dibuka, obyek wisata ini sudah ramai dikunjungi wisatawan. Banyak wisatawan yang penasaran dengan Bukit Scooter (Skoter) ini. Bukit Scooter Dieng mulai berkembang menjadi obyek wisata andalan Dieng. Dengan keunggulan berupa pemandangan atas bukit yang indah dan istimewa, berbagai pihak percaya Bukit Scooter akan bisa menjadi salah satu wisata unggulan Dieng. Ditambah lagi dengan pengelolaan yang serius dan profesional oleh masyarakat sekitar dibantu Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) Dieng Pandawa.

Menyaksikan Sunrise, Sunset, dan Lanskap Dataran Tinggi Dieng di Bukit Scooter (Skoter)

Bukit Scooter yang berada di ketinggian lebih kurang 2.200 mdpl, akan memberi kesempatan bagi Anda untuk menyaksikan lanskap Dataran Tinggi Dieng yang sangat indah. Pemandangan gunung-gunung tinggi seperti Gunung Sindoro, Gunung Slamet, Gunung Pangonan, Gunung Pakuwaja, Gunung Prau, Gunung Sipandu, Gunung Bisma, dan lainnya yang memagari pemukiman penduduk berhias bukit-bukit kecil, telaga-telaga, dan candi-candi Hindu yang berselimut kabut sangat luar biasa. Anda akan serasa sedang berada di atas awan. Pemandangan inilah yang membuat Dataran Tinggi Dieng atau Dieng Plateau dijuluki “Negeri Atas Awan”.

Lanskap Dieng dari Bukit Skoter oleh Arini tri Kusuma

Lanskap Dieng dari Bukit Skoter oleh Arini tri Kusuma

Jika cuaca sedang cerah dan kabut tidak terlalu tebal, banyak pemandangan indah yang bisa Anda nikmati di Bukit Scooter (Skoter) Diengsetiap waktu mulai pagi hingga malam tiba. Pada pagi hari Anda bisa menyaksikan sunrise menyelinap di balik gunung yang berselimut kabut tipis di kejauhan. Lukisan langit biru berhias awan putih dengan semburat jingga saat sunrise menciptakan gradasi warna yang mempesona. Spot luar biasa yang pasti akan diburu pecinta fotografi.

Setelah puas menikmati sunrise di pagi hari, setelah matahari naik di siang hari, pemukiman penduduk Dieng dengan telaga-telaga indah dan bukit-bukit hijau yang menaunginya akan jelas terlihat. Bahkan jika kondisi cuaca sedang cerah dan tidak berkabut, Anda bisa melihat dengan jelas Laut Jawa yang berada di utara Jawa Tengah puncak bukit ini. Pemandangan yang akan membuat tenang dan Anda akan betah berlama-lama di atas Bukit Scooter (Skoter) Dieng.

Skoter Dieng oleh Rivkia Antariksa

Skoter Dieng oleh Rivkia Antariksa

Bukit Scooter (Skoter) Dieng juga dilengkapi dengan tempat duduk dan gazebo-gazebo unik untuk beristirahat menikmati alam dan semilir angin sejuk khas pegunungan Dieng. Anda bisa juga menghabiskan waktu dengan berfoto bersama teman atau keluarga sambil menunggu sunset yang indah di sore hari. Gazebo-gazebo beratap unik ini juga menarik untuk dijadikan obyek foto Anda dengan latar belakang awan yang menyelimuti Dieng.

Skoter Dieng via edarr

Skoter Dieng via edarr

Setelah puas menikmati indahnya sunset atau matahari yang terlihat terbenam di Gunung Slamet kala senja di Bukit Scooter (Skoter) Dieng, jangan buru-buru turun bukit. Tunggulah hingga malam tiba. Anda jangan sampai melewatkan view fenomena alam berupa taburan bintang yang berkelap-kelip bagai berlian di langit malam Dieng jika cuaca bagus. View cantik yang disebut milky way inilah yang membuat Bukit Scooter (Skoter) Dieng di juluki “Bukit Bintang”. Benar-benar mengagumkan. Tak heran obyek wisata ini cepat tenar dikalangan wisatawan walaupun masih tergolong sangat baru.

Harga Tiket Masuk Wisata Dieng Bukit Scooter (Skoter)

Harga tiket masuk obyek wisata Bukit Scooter (Skoter) Dieng hanya sebesar Rp5.000,- per orang. Untuk mencapainya juga sangat mudah. Bukit Scooter (Skoter) Dieng teretak di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Lokasinya di sebelah utara obyek wisata Kompleks Candi Arjuna. Tempatnya mudah dijangkau karena jaraknya hanya 1 km dari jalan utama Desa Dieng Kulon atau hanya membutuhkan waktu sekitar 20-30 menit berjalan kaki hingga kaki bukit dan selanjutnya mendaki sekitar lima menit menuju puncak bukit. Murah dan mudah sekali bukan? Jadi, tunggu apalagi. Segera masukkan Bukit Scooter sebagai destinasi wisata Anda di Dieng.